Rabu, 27 April 2011

ISU KESEHATAN

14 Ribu Warga Papua Kena HIV/AIDS
By BPost
Dec 13, 2005, 21:17

 
Jayapura, BPost
Propinsi Papua rupanya menjadi pandemi Virus HIV/AIDS. Setelah terungkap 12 anggota Kodam XVII Trikora dan 4 anggota Polda Papua tewas, kini terkuak pula, 14 ribu warga propinsi Mutiara Hitam itu terinfeksi HIV/AIDS.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Papua, Constant Karma kepada pers di Jayapura, Sabtu (12/12). "Dari jumlah itu, sebanyak 2000 lebih warga dinyatakan positif HIV. Apabila hasil prediksi ini terbukti, maka ini merupakan bencana bagi Papua," katanya.

Constant juga mengungkapkan kasus HIV/AIDS didominasi oleh para ibu rumah tangga. Penyebaran virus mematikan itu sebagian besar dilakukan orang asli Papua. Ia meminta warga Papua untuk melakukan puasa seks dan jangan berganti-ganti pasangan.

Kalau pun tidak mampu, dia menyarankan agar menggunakan kondom saat berhubungan seks, serta menjauhi narkotika. "Ini salah satu cara untuk menekan penyebaran HIV/AIDS, sehingga nantinya tidak menjadi wabah dan penyakit kutukan bagi Papua," ujarnya.

Jika penyakit ini tidak direspon secara cepat, lanjut dia, bukan tidak mungkin peristiwa di Uganda yang hampir sebagian besar penduduknya terkena HIV/AIDS bisa terjadi di Papua.

3 Tahun

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Lembaga PBB Untuk Penanggulangan HIV/AIDS (UNAIDS), serta para pakar HIV/AIDS menyatakan Indonesia memiliki waktu hingga tiga tahun ke depan untuk menangani HIV/AIDS.

Alasannya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penularan virus HIV/AIDS tercepat ketiga di dunia. Jika tidak, dipastikan Indonesia tidak akan mampu lagi menanggulangi penyakit kedua mematikan di dunia tersebut.

Menurut Armyn Nurdin, Wakil Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, para lembaga dan pakar tersebut telah memperkirakan skenario terburuk jika Indonesia tidak dapat menanggulangi penyakit ini. "Tahun 2010 diperkirakan 5 hingga 10 juta orang akan terinfeksi HIV/AIDS," kata Armyn

Sejak kasus pertama di Bali 18 tahun lalu, kata Armyn, peningkatan jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Indonesia sangat cepat. Hingga akhir September lalu, Departemen Kesehatan melaporkan 8.251 ODHA yang terdeteksi, sebanyak 4.065 orang terinfeksi HIV dan 4.186 telah dinyatakan AIDS. Wanita tercatat sebagai pengidap HIV/AIDS terbesar dibandingkan dengan pria, dengan rasio 4,9 berbanding 1. "Kebanyakan adalah PSK (pekerja seks komersil)," ujarnya. tnr
______________
Source link: http://www.indomedia.com/bpost/122005/12/nusantara/nusa2.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar